Minggu, 12 Desember 2010

SILABUS KELAS VI SDLB/C


SILABUS KELAS VI SDLB/C

TEMA : Lingkungan

NO
MATA PELAJARAN
KOMPETENSI DASAR
INDIKTOR
MATERI PEMBELAJARAN
STRATEGI PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
PENILAIAN
SARANA DAN SUMBER

1


PKn

2.1.Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar











o        Mengenalkan aturan atau tata tertib di keluarga



o        Menyebutkan fungsi aturan di lingkungan masyarakat

o         Mengenalkan aturan  yang berlaku di ingkungan masyarakat sekitar


o       Aturan yang berlaku di keluarga



o       Aturan yang berlaku di masyarakat


·      Peserta didik  mendiskusikan aturan yang berlaku di lingkungan keluarga


·      Peserta didik mendiskusikan fungsi aturan di lingkungan masyarakat

·      Peserta didik mendiskusikan tentang aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat

3 X pertemuan (6 jam pelajaran X 35 menit)


Tes Tertulis


Buku PKn yang relevan




Lembaran Tata tertib Anggota Masyarakat
2
Bahasa Indonesia
5.1. Mendengarkan drama pendek





6.1. Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarag, jumlah halaman, dan isi )


7.1. Membaca intensif teks sederhana dan menemukan makna tersirat



8.1.Menulis pokok-pokok isi surat

o    Mendengarkan drama pendek

o    Menceritakan kembali isi drama pendek

o    Menyebutkan judul, pengarang, jumlah halaman dan isi dari buku yang dibaca



o    Membaca sendiri  atau dengan bantuan guru teks sederhana
o    Menjawab pertanyaan bacaan

o    Menyebutkan bagian-bagian surat
o       Drama pendek






o       Karya sastra






o       Teks bacaan sederhana





o       Bagian-bagian surat
·      Peserta didik  melihat dan mendengarkan drama pendek dari vidio
·      Menceritakan kembali isi drama pendek


·      Guru tanya jawab dengan peserta didik membahas tentang karya sastra



·      Peserta didik membaca teks bacaan sederhana


·      Peserta didik menjawab pertanyaan bacaan

·      Peserta didik menulis bagian-bagian surat

·       
6 X pertemuan (15 jam pelajaran X 35 menit)
Tes tertulis dan lisan
Buku Bahasa Indonesia yang relevan
3
Matematika
6.1.Melakukan penjumlahan sampai 1000












6.2.Melakukan pengurangan sampai 1000



6.3.Melakukan operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan

6.4.Melakukan perkalian bilangan 3 angka denga 2 angka


6.5.Melakukan pembagian bilangan 3 angka dengan bilangan 1 angka dengan sisa pada bilangan satu dan dua

o    Melakukan penjumlahkan  secara bersusun  tanpa menyimpan sampai 1000


o    Melakukan penjumlahkan  secara bersusun  tdengan menyimpan sampai 1000



o    Melakukan pengurangan  3 angka  dengan dua angka sampai 1000


o    Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan


o    Melakukan perkalian bilangan 3 angka dengan 2 angka


o    Melakukan pembagian bilangan 3 angka dengan 1 angka
o    Penjumlahan sampai 1000













o    Pengurangan sampai 1000




o    Operasi hitung penjumlahan dan pengurangan

o    Perkalian bilangan 3 angka dengan 2 angka

o       Pembagian bilangan 3 angka dengan 1 angka
·      Peserta didik melakukan penjumlahan secara bersusun tanpa menyimpan  sampai 1000

·      Peserta didik melakukan penjumlahan secara bersusun  dengan menyimpan  sampai 1000


·      Peserta didik melakukan pengurangan  3 angka dengan dua angka sampai 1000

·      Peserta didik melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan

·      Peserta didik melakukan perkalian bilangan 3 angka dengan 2 angka

·      Peserta didik melakukan pembagian bilangan 3 angka dengan 1 angka
6 X pertemuan (15 jam pelajaran X 35 menit)
Tes tertulis
Buku matematika Kelas VI SDLB/C
4
IPA
2.1.Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi (daratan dan sebaran air)
o    Menjelaskan kenampakan permukaan bumi (daratan dan lautan)


o    Menyebutkan perbandingan luas daratan dengan lautan
o    kenampakan permukaan bumi



o    Perbandingan luas daratan dengan lautan
·      Peserta didik  mengamati globe kenampakan permukaan bumi (daratan dan lautan)

·      Peserta didik menyebutkan perbandingan luas daratan dengan lautan


6 X pertemuan (12 jam pelajaran X 35 menit)
Tes tertulis
Buku IPA yang relevan
5
IPS
3.1.Mengidentifikasi jenis-jenis peraturan di sekolah


3.2.Mengenal manfaat peraturan di sekolah




o    Menyebutkan peraturan tata tertib untuk  warga sekolah

o    Menyebutkan manfaat peraturan di sekolah


o    Peraturan tata tertib untuk  warga sekolah


o    Manfaat peraturan di sekolah

·      Peserta didik mengamatai  peraturan tata tertib untuk  warga sekolah

·      Peserta didik menyebutkan manfaat peraturan di sekolah


3 X pertemuan ( 9 jam pelajaran X 35 menit)
Tes tertulis
Buku IPS yang relevan
6
SBK
6.2.Membuat boneka dengan gagasan kreatif berdasarkan bentuk, warna,tekstur dengan berbagai teknik berdasarkan seni nusantara

o    Membuat boneka dari bahan apa saja yang berasal dari sekitar kita
o    boneka dari bahan apa saja yang berasal dari sekitar kita
o    Peserta didi membuat boneka dari bahan apa saja yang berasal dari sekitar kita
6 X pertemuan (12 jam pelajaran X 35 menit)
Tes tertulis
Buku SBK yang relevan


1 komentar:

  1. Best Casinos in San Jose, CA - Mapyro
    Best Casinos in San Jose, 춘천 출장마사지 CA. 전주 출장샵 The 안동 출장마사지 best place to stay with our new Casinos, the San Jose 정읍 출장마사지 Bay Area's premier nightlife 인천광역 출장안마 entertainment destination.

    BalasHapus