Minggu, 12 Desember 2010

SILABUS KELAS VI SDLB/C


SILABUS KELAS VI SDLB/C

TEMA : Lingkungan

NO
MATA PELAJARAN
KOMPETENSI DASAR
INDIKTOR
MATERI PEMBELAJARAN
STRATEGI PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
PENILAIAN
SARANA DAN SUMBER

1


PKn

2.1.Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar











o        Mengenalkan aturan atau tata tertib di keluarga



o        Menyebutkan fungsi aturan di lingkungan masyarakat

o         Mengenalkan aturan  yang berlaku di ingkungan masyarakat sekitar


o       Aturan yang berlaku di keluarga



o       Aturan yang berlaku di masyarakat


·      Peserta didik  mendiskusikan aturan yang berlaku di lingkungan keluarga


·      Peserta didik mendiskusikan fungsi aturan di lingkungan masyarakat

·      Peserta didik mendiskusikan tentang aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat

3 X pertemuan (6 jam pelajaran X 35 menit)


Tes Tertulis


Buku PKn yang relevan




Lembaran Tata tertib Anggota Masyarakat
2
Bahasa Indonesia
5.1. Mendengarkan drama pendek





6.1. Melaporkan isi buku yang dibaca (judul, pengarag, jumlah halaman, dan isi )


7.1. Membaca intensif teks sederhana dan menemukan makna tersirat



8.1.Menulis pokok-pokok isi surat

o    Mendengarkan drama pendek

o    Menceritakan kembali isi drama pendek

o    Menyebutkan judul, pengarang, jumlah halaman dan isi dari buku yang dibaca



o    Membaca sendiri  atau dengan bantuan guru teks sederhana
o    Menjawab pertanyaan bacaan

o    Menyebutkan bagian-bagian surat
o       Drama pendek






o       Karya sastra






o       Teks bacaan sederhana





o       Bagian-bagian surat
·      Peserta didik  melihat dan mendengarkan drama pendek dari vidio
·      Menceritakan kembali isi drama pendek


·      Guru tanya jawab dengan peserta didik membahas tentang karya sastra



·      Peserta didik membaca teks bacaan sederhana


·      Peserta didik menjawab pertanyaan bacaan

·      Peserta didik menulis bagian-bagian surat

·       
6 X pertemuan (15 jam pelajaran X 35 menit)
Tes tertulis dan lisan
Buku Bahasa Indonesia yang relevan
3
Matematika
6.1.Melakukan penjumlahan sampai 1000












6.2.Melakukan pengurangan sampai 1000



6.3.Melakukan operasi hitung campuran penjumlahan dan pengurangan

6.4.Melakukan perkalian bilangan 3 angka denga 2 angka


6.5.Melakukan pembagian bilangan 3 angka dengan bilangan 1 angka dengan sisa pada bilangan satu dan dua

o    Melakukan penjumlahkan  secara bersusun  tanpa menyimpan sampai 1000


o    Melakukan penjumlahkan  secara bersusun  tdengan menyimpan sampai 1000



o    Melakukan pengurangan  3 angka  dengan dua angka sampai 1000


o    Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan


o    Melakukan perkalian bilangan 3 angka dengan 2 angka


o    Melakukan pembagian bilangan 3 angka dengan 1 angka
o    Penjumlahan sampai 1000













o    Pengurangan sampai 1000




o    Operasi hitung penjumlahan dan pengurangan

o    Perkalian bilangan 3 angka dengan 2 angka

o       Pembagian bilangan 3 angka dengan 1 angka
·      Peserta didik melakukan penjumlahan secara bersusun tanpa menyimpan  sampai 1000

·      Peserta didik melakukan penjumlahan secara bersusun  dengan menyimpan  sampai 1000


·      Peserta didik melakukan pengurangan  3 angka dengan dua angka sampai 1000

·      Peserta didik melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan

·      Peserta didik melakukan perkalian bilangan 3 angka dengan 2 angka

·      Peserta didik melakukan pembagian bilangan 3 angka dengan 1 angka
6 X pertemuan (15 jam pelajaran X 35 menit)
Tes tertulis
Buku matematika Kelas VI SDLB/C
4
IPA
2.1.Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi (daratan dan sebaran air)
o    Menjelaskan kenampakan permukaan bumi (daratan dan lautan)


o    Menyebutkan perbandingan luas daratan dengan lautan
o    kenampakan permukaan bumi



o    Perbandingan luas daratan dengan lautan
·      Peserta didik  mengamati globe kenampakan permukaan bumi (daratan dan lautan)

·      Peserta didik menyebutkan perbandingan luas daratan dengan lautan


6 X pertemuan (12 jam pelajaran X 35 menit)
Tes tertulis
Buku IPA yang relevan
5
IPS
3.1.Mengidentifikasi jenis-jenis peraturan di sekolah


3.2.Mengenal manfaat peraturan di sekolah




o    Menyebutkan peraturan tata tertib untuk  warga sekolah

o    Menyebutkan manfaat peraturan di sekolah


o    Peraturan tata tertib untuk  warga sekolah


o    Manfaat peraturan di sekolah

·      Peserta didik mengamatai  peraturan tata tertib untuk  warga sekolah

·      Peserta didik menyebutkan manfaat peraturan di sekolah


3 X pertemuan ( 9 jam pelajaran X 35 menit)
Tes tertulis
Buku IPS yang relevan
6
SBK
6.2.Membuat boneka dengan gagasan kreatif berdasarkan bentuk, warna,tekstur dengan berbagai teknik berdasarkan seni nusantara

o    Membuat boneka dari bahan apa saja yang berasal dari sekitar kita
o    boneka dari bahan apa saja yang berasal dari sekitar kita
o    Peserta didi membuat boneka dari bahan apa saja yang berasal dari sekitar kita
6 X pertemuan (12 jam pelajaran X 35 menit)
Tes tertulis
Buku SBK yang relevan


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar